Labels

Sabtu, 31 Maret 2012

MATERI PRODUKTIF SMKN 2 SURAKARTA
LAPORAN PERAKITAN NETBOOK












OLEH :
AZIS EKO PRAKOSO / X TKJ C/ 9
DAUD CHIRISTIAWAN L / X TKJ C/ 14

SMK NEGERI 2 SURAKARTA 2011 2012

PENDAHULUAN
Materi pembelajaran pada semester 1 kelas 10 SMKN 2 Surakarta ini adalah merakit berbagai gadget yang salah satunya adalah netbook dengan merek SMK Mugen.  Adapun  netbook ini adalah bantuan dari pemerintah untuk dirakit di SMKN 2 Surakarta kemudian dibagikan ke seluruh SMK se-Jawa Tengah. Netbook Mugen ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :


Nama produk                              : SMK MUGEN NIPA M2000
Tegangan                                     : 110-240 Volt AC
Frekuensi                                     : 50/60Hz
Diproduksi oleh                          : Pt. Multicom Persada International
Buatan                                          : Indonesia
Processor
Intel Atom N455, (1.66ghz, DMI 2,5 Gt/s, 512 KB L2 Cache)
Chipset
Intel
I/O ports
3x USB 2.0 ports
1x  external Monitor output (VGA port) :
1x Headphone Out; 1x Mic
1x RJ-45 jack for LAN ; 1X DC-in jack
Audio
High Definition Audio Support
Cummunication
LAN 10/100 Mbps Fast Ethernet
Card Reader
8 in 1 Card Reader (MMC I RSMMC I SD I mini SD I SDHC I MS I MSPro I MS Duo)
Wi-Fi Network Connection
Wireless LAN 802.11 b/g
Display
10.1” with 1024 x 600 (WSGA)
Webcam
Intergrated 1.3 megapixels
Casing
Casing
Memory
1GB DDR 3
Hard Drive
320 GB SATA hard disk drive
Keyboard & control
84-key keyboard
Baterry
4400 Mah 6-Cell Li-ion baterry pack
Power
Adapter with power card
Mouse
Touchpad pointing device with two buttons
Case
Softcase

                Saat akan mulai merakit netbook, siswa SMKN 2 Surakarta mendapatkan pendalaman materi dari guru yang bersangkutan selama sehari. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan fungsi komponen disertai dengan cara perakitan netbook tersebut. Disaat perakitan, satu netbook akan dirakit oleh dua orang. Setelah siswa telah paham, maka pada perakitan selanjutnya satu netbook akan dirakit oleh seorang. Merakit netbook ini bisa dibilang mudah, namun dibutuhkan pula ketelitian yang lebih. Sebab, jika terdapat satu komponen yang cara pemasangannya salah, maka netbook itu tidak akan berfungsi dengan baik, dan fatalnya netbook itu tidak dapat menyala. Sebelum merakit, marilah kita perkenalkan komponennya satu persatu.
PENGENALAN KOMPONEN
                Tahap pengenalan komponen adalah tahap yang paling penting dalam merakit. Sebab, jika kita akan merakit namun tidak paham  nama, fungsi, maupun tempat pemasangannya akan membuat kendala dalam kita merakit. Merakit tidak hanya menempatkan komponen ke tempat yang dirakit, namun merakit juga butuh untuk mengenal nama komponen dan fungsinya. Apabila salah satu komponen kita rusak, kita akan membeli ke toko haruslah paham nama komponen tersebut. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada netbook yang  dirakit maka kita akan mengerti komponen yang rusak tersebut. Jadi kesimpulannya, merakit tidak hanya menempatkan komponen ke tempat untuk merakit, namun merakit juga haruslah dapat memperbaiki jika terjadi kerusakan.
                Dalam merakit netbook bermerek MUGEN ini, ada beberapa komponen yang harus kita kenali, antara lain :
§  Kita mulai dari bentuk fisik netbook MUGEN. Inilah LED, Casing Atas, dan Casing Bawah.




a.         LED NETBOOK                                                                       c. CASING BAWAH ( tampak depan)





b.      CASING BAWAH ( tampak belakang )                                                   d. CASING ATAS ( penutup NETBOOK )
LED NETBOOK berfungsi untuk menampilkan gambar dan lembar kerja saat NETBOOK dioperasikan. Casing bawah adalah tempat untuk menempelnya komponen dan tempat berupa input berupa keyboard, mouse, touchpad. Pada bagian Casing bawah yang tampak belakang itu yang nantinya tempat untuk merakit, sedangkan yang tampak depan adalah tempat untuk menempelnya keyboard. Sedangkan casing atas berfungsi untuk melindungi komponen dan merupakan penutup casing bawah.


§  Kemudian kita lanjutkan ke komponen berupa DOUBLE CLIK, TOUCHPAD, BAUT, dan KEYBOARD




a.       DOUBLE CLIK                                                                                                      c. TOUCHPAD




b.       BAUT untuk mengencangkan komponen                                                          d. KEYBOARD


DOUBLE CLIK berfungsi sebagai input berupa pemilihan program kerja yang akan digunakan. Double clik ini sama fungsinya dengan clik pada mouse. Baut berfungsi untuk mengencangi komponen yang telah dirakit. Sedangkan touchpad sama fungsinya dengan mouse, yaitu untuk mengarahkan pointer di jendela kerja dan untuk memilih program. Dan keyboard berfungsi untuk mengetikkan angka maupun huruf ke jendela program.





§  Komponen berikutnya, MOTHERBOARD, RAM, HARDDISK, SOUNDCARD dan Wi-fi CARD








a.      
MOTHERBOARD                                                                  c. Random Acess Memory (RAM)
b.       HARDDISK                                                                                           d. SOUND CARD




                                                                          e. Wi-fi CARD
                Motherboard adalah komponen utama sebuah komputer, fungsinya adalah mengolah segala input yang masuk dan merubahnya  menjadi output seperti suara, teks, dan lain lain. RAM berfungsi untuk media penyimpanan sementara saat netbook baru saja dihidupkan. Harddisk adalah media penyimpanan data dan tempat booting untuk menyimpan operating system. Soundcard adalah komponen yang mengolah input dan merubahnya menjadi suara yang akan dikirim ke loudspeaker. Dan Wi-fi card adalah komponen yang berguna untuk menyambungkan netbook dengan hotspot untuk berkoneksi ke internet.

§  Komponen pelengkap NETBOOK MUGEN, antara lain CHARGER, BATTERAY, dan KARTU GARANSI beserta CD NETBOOK MUGEN





a.        BATTERAY dan CHARGER                                                        b. CD dan KARTU GARANSI
Itulah tadi seluruh komponen yang akan digunakan dalam perakitan. Setelah kita paham seluruh komponen yang akan dirakit, maka marilah kita bersiap untuk memulai merakit dengan mengikuti perintah dibawah ini.


TAHAP TAHAP PERAKITAN
TAHAP PERTAMA : PERSIAPAN PERAKITAN
Pada tahap perakitan netbook, terdapat berbagai syarat untuk memulai perakitan yang harus dipenuhi demi kenyamanan dan keselamatan saat merakit yang meliputi :
Standart tempat untuk merakit, antara lain :
1.       Kondisi ruang perakitan bersuhu sejuk (<29 C0)
2.       Perangkat tool rakit yang lengkap
3.       Meja dan kursi ruang perakitan dalam kondisi baik dan ergonomis dengan postur assembler
4.       Listrik PLN tersedia dan groundingnya baik.


Alat alat perakitan yang terdiri dari :

1.       Obeng plus
2.       Obeng com
3.       Nampan
4.       Sekrup putih sebanyak 4 untuk memasang perekat (breket) Harddisk
5.       Sekrup hitam pendek sebanyak 6 untuk memasang Mother Board, Touchpad, Double Clik, Sound Card, dan Harddisk
6.       Sekrup hitam panjang  sebanyak 9 untuk memasang LCD ke Casing, Wi-Fi, dan Casing belakang pelindung komponen
7.       Sebuah Baut Com untuk memasang Mother Board dengan LCD.
Setelah seluruh tahap perakitan telah dicukupi, kini saatnya untuk memulai perakitan dengan cara membuka kardus pembungkus dan memilah-milah berbagi jenis sekrup yang akan digunakan.




TAHAP KEDUA : MEMBUKA KARDUS PEMBUNGKUS NETBOOK

Pada tahapan ini, seorang perakit yang akan merakit sebuah netbook baru yang masih berupa kardus dari pabrik harus berhati-hati dalam membuka kardus tersebut. Bukalah kardus tersebut pada meja yang lebar, sehingga kardus nanti tidak mudah untuk jatuh ke tanah.
Setelah kardus dibuka, periksalah isi dari kardus tersebut. Biasanya, sebuah kardus netbook MUGEN yang baru akan berisi sebagai berikut :
1.       Casing dan LCD Netbook MUGEN
2.       Battery dan charger
3.       Kartu garansi, dan struk pembelian netbook
4.       Harddisk
5.       RAM
6.       Mother Board
7.       Soundcard
8.       Wi-Fi Card
9.       Touchpad dan Double clik
10.   Sekrup putih sebanyak 4, Sekrup hitam pendek sebanyak 6, Sekrup hitam panjang  sebanyak 9, dan Sebuah Baut Com.
11.   Breket untuk pelindung touchpad, dan breket harddisk
12.   Kabel pita sebanyak 3 buah meliputi kabel pita pendek untuk penghubung Touchpad dengan Double Clik, kabel pita berbentuk L untuk penghubung antara Mother Board dengan Double Clik, serta  sebuah kabel pita besar untuk penghubung antara Mother Board dengan Soundcard.
13.   Compact Disk




TAHAP KETIGA : MULAI PERAKITAN
Pada tahapan ini, seorang perakit akan memulai untuk merakit berbagai komponen menjadi satu kesatuan utuh yang akan disebut netbook. Adapun urutan perakitan netbook tersebut sebagai berikut :


 
                                                                                                Pelindung besi LCD


Pertama, siapkanlah peralatan dan komponen netbook yang akan dirakit. Siapkan casing atas tempat komponen netbook itu akan diletakkan. Bukalah pelindung besi tempat melekatnya LCD dengan casing atas. Perbaikilah kabel tersebut agar tidak tertindih LCD. Kemudian persiapkan touchpad dan double clik. Pasang touchpad dan double clik pada bagian yang telah ditentukan (bawah casing). Cara pemasangan untuk touchpad yaitu pasang terlebih dahulu kabel pita yang kecil lurus, dan pasangkan pada pengunci di touchpad. Kemudian hadapkan touchpad yang berkabel pita keatas. Lepas perekat pada toucpad dan lekatkan pada bagian yang telah ditentukan. Untuk memasang double clik, bagian yang ada pengunci untuk kabel pita dihadapkan ke atas. Kemudian sekrup bagian kirinya dengan sekrup hitam pendek.
Kedua, pasanglah breket touchpad. Kabel pita pada touchpad masukkanlah ke lubang tengah pada breket. Sekruplah breket pada bagian kiri sebanyak 2 lubang dengan ssekrup pendek hitam. Sedangkan lubang breket pada bagian double clik di sebelah kanan tak usah disekrup,karena nanti akan tersekrup sendiri dengan pemasangan casing penutup. Kemudian pasanglah kabel pita yang tadi dimasukkan kedalam lubang tengah breket ke pengunci double clik bagian tengah sehingga kabel pita membentuk setengah lingkaran.
Ketiga, pasanglah motherboard ke casing komponen tempat komponen semua terpasang. Pasanglah pada bagian kiri tempat kipas berada. Kemudian aturlah tempat pemasangannya agar terpasang dengan tepat. Jangan lupa kabel untuk LCD kita selipkan ke bawah mother board. Pada bagian bawah terdapat pengait kabel pita, buka dan selipkan kabel pita yang besar,dan kuncilah. Sekruplah motherboard sebanyak 3 lubang, yaitu pada lubang di dekat lubang USB, lubang sebelah kipas, dan lubang kanan atas motherboard. Jangan lupa untuk kencangkan sekrup untuk kipas dan pasang kabel pita berbentuk L pada pengait di mother board dengan pengait di double clik. Pasanglah RAM pada tempat yang telah ditentukan, cara pemasangannya yaitu miringkan RAM,tekan kedalam, dan jatuhkan kebawah hingga terdengar bunyi klik. Pasang pula kabel LCD dengan yang ada tanda bulat dipasang dibagian atas. Pasang juga wi-fi pada tempat yang telah ditentukan.  Sekrup bagian wi-fi dengan sekrup besar hitam. Pasang kabel wi-fi dan pasang kabel yang berdampingan dengan kabel wi-fi pada bagian mother board. Kemudian pasang pula kabel loudspeaker pada bagian mother board dekat dengan kipas. Baterai c-mos lepaskan perekatnya dan rekatkan diantara loudspeaker.
Keempat, pasanglah terlebih dahulu kabel pita yang berhubungan dengan motherboard ke sound card. Kemudian pasanglah soundcard nya di bagian tengah dekat dengan harddisk. Sekruplah dengan menggunakan sekrup hitam kecil.
Kelima, pasanglah terlebih dahulu breket harddisk dengan menggunakan sekrup putih besar. Posisikan breket membentuk hurup L dengan bagian bawah sebagai tumpuan hard disk untuk disekrup ke casing komponen. Pasanglah harddisk yang telah berbreket ke casing dengan cara taruhlah harddisk ke tempat yang tersisa dari casing komponen (diantara soundcardd dengan motherboard). Aturlah sesuai posisi pengait,doronglah ke mother board. Hardisk telah terpasang.
Keenam, Pasangalah baut com diatas USB, berilah pengait LCD berbentuk besi, kencangkan dan beri baut hitam kecil. Kemudian pasang juga pengait LCD berbentuk besi diatas soundcard. Sekrup dengan sekrup hitam kecil.
Terakhir, tutuplah casing komponen dengan menggunakan casing penutup. Sekruplah dengan sekrup hitam panjang. Pasanglah batu baterainya dan cobalah hidupkan.



TAHAP KEEMPAT : PENGUJIAN RAKITAN

Pasanglah baru baterai ke netbook. Cobalah hidupkan dengan memencet tombol power yang terletak dibagian kanan netbook. Jika lampu pada double clik menyala biru dan pada layar LED muncul gambar, maka netbook yang anda rakit berhasil. Setelah berhasil, tekan kembali tombol power dan copotlah baterai.
Kini gantilah baterai dengan charger. Hubungkan charger ke listrik PLN dan ke netbook. Cobalah tekan tombol power. Jika lampu pada double clik menyala biru dan pada layar LED muncul gambar, maka netbook yang anda rakit berhasil. Jangan dulu matikan netbook anda. Kini kita lanjutkan ke proses selanjutnya.


TAHAP KELIMA : LAKUKAN SETTING BIOS

Tahap ini dilakukan untuk mensetting tanggal dan waktu. Caranya yaitu restart kembali netbook anda, tekan tombol delete pada keyboard sebelum muncul gambar pada layar.  Jika mucul gambar dilayar bertuliskan AMERICAN MEGATRENDS maka anda berhasil masuk BIOS. Kemudian anda akan disuguhi berbagai tulisan dan berbackground putih. Pilih pada bagian STANDART BIOS SETTING, tekan tombol ENTER dan aturlah waktu serta tanggalnya. Setelah semua diatur sesuai dengan waktu yang terjadi, kini tekanlah tombol F10 di keyboard. Akan muncul jendela taskbar yang bertuliskan “DO YOU WANT TO SAVE THIS SETTING ?” anda pilihlah YES.
Anda akan masuk ke operating system. Jika anda belum mengisi netbook anda dengan operating system, anda tidak akan bisa masuk ke bagian desktop dan tidak dapat untuk menjalankan program. Setelah tahapan ini, silahkan isi netbook anda dengan operating system. Anda telah berhasil merakit sebuah netbook. Selamat memanfaatkan netbook anda.






Sumber :  Azis Dan Daud X TKJ C

0 komentar:

Posting Komentar