Labels

Sabtu, 31 Maret 2012

MERAKIT LCD PROYEKTOR



            Materi pembelajaran SMK telah sampai pada perakitan LCD PROYEKTOR. Untuk dapat merakit LCD PROYEKTOR, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja komponen yang ada dalam merakit LCD PROYEKTOR. Setelah kita mengerti apa saja komponen LCD PROYEKTOR,  barulah kita memulai untuk merakit LCD PROYEKTOR, mencoba hasil rakitan jika telah jadi, dan memecahkan trouble shotting pada LCD PROYEKTOR jika terjadi masalah.

1.       Untuk tahapan pertama adalah mengenal komponen dari LCD PROYEKTOR. LCD PROYEKTOR terdiri dari komponen seperti berikut :   
a.      Balas Projector
  
b.      Power Supply LCD Projector

c.       Motherboard LCD Projector

d.      Penutup Power Supply

e. Speaker
  
f.        Penutup Motherboard
g.      Baut-baut yang digunakan dalam merakit LCD Projector



2.       Setelah kita mengetahui apa saja komponen untuk LCD PROYEKTOR, marilah kita mulai untuk merakitnya. Cara merakitnya antara lain :
a.       Bukalah kardus penutup LCD PROYEKTOR terlebih dahulu dengan hati-hati. Keluarkanlah komponen LCD PROYEKTOR dan rangka LCD PROYEKTOR dengan hati-hati. Letakkan komponen dan rangka di atas meja kerja. Keluarkan rangka dan komponen LCD PROYEKTOR dari pembungkusnya. Letakkan diatas meja dengan dilapisi pembungkus yang telah dilepas tadi.
b.      Persiapkan baut untuk memasang komponen, dan obeng plus minus.
c.       Persiapkan rangka LCD PROYEKTOR. Lihatlah bahwa lensa proyektor dan kipas proyektor telah terpasang. Kemudian siapkan balas. Pasanglah pada tempat yang telah disediakan. Tepatnya dibagian dalam rangka disamping kipas yang dimana tempat itu masih kosong dari komponen-komponen lainnya. Hati-hati dalam memasangnya. Pasang kabel hitam kecil seperti gambar dibawah. Aturlah posisi kabel yang belum terpasang agar tidak tersangkut pada penutup balas. Posisikan kabel yang belum terpasang pada tempat didekat kipas lensa, dan kabel hitam-merah pada bagian belakang rangka. Pasanglah baut pada lubang balas. Dan pasanglah pelindung hitam diatas balas.
2011-11-19 09.33.30.jpg















d.      Langkah selanjutnya adalah memasang power supply. Pertama-tama persiapkan terlebih dahulu power supply-nya. Pasang power supply diatas pelindung balas. Pasang  juga kabel hitam-merah yang  ke power supply.  Pasang baut pada lubang power supply dan aturlah kembali kabel yang belum terpasang. Pastikan bahwa kabel tersebut tidak tersangkut pada power supply.
Setelah itu pasanglah pelindung power supply diatas power supply. Bautlah salah satu sisinya.











e.      Langkah selanjutnya adalah memasang motherboard. Untuk memasang motherboard, pertama kali kita siapkan motherboardnya dan siapkan pula baut untuk memasang motherboard. Sebelum kita memulai untuk memasang motherboard, cek terlebih dahulu apakah kabel dari balas maupun dari power supply yang belum terpasang tadi apakah tertindih atau tidak, jika tertindih, maka perbaikilah posisinya agar tidak tertindih. Karena kabel ini akan dipasang pada motherboard. Setelah semua siap, ambillah motherboard dan tempatkan diatas pelindung power supply. Posisikan pada posisi yang benar agar tidak menggantung. Kemudian pasang kabel yang belum terpasang tadi ke motherboard. Lihatlah gambar dibawah...
f.        Setelah semua kabel terpasang, rapikan letak-letak kabelnya. Periksa kembali apakah semua kabel telah terpasang atau tidak.  Kemudian pasanglah penutup motherboard. Janglanlah lupa pada setiap lubang penutup motherboard untuk di baut. Periksa kembali apakah semua peralatanan telah dibaut dengan cukup kuat. Dan pasanglah rangka bagian belakang dengan hati-hati.
g.      Setelah semua terpasang, kini kita lakukan ujicobanya. Pasanglah kabel input pada LCD PROYEKTOR ke listrik PLN. Kemudian hidupkan LCD PROYEKTOR. Tunggu hingga LCD hidup, kemudian masuklah ke bagian MENU untuk mengupdate bahasa dan setting jam. Jika telah berhasil mengupdatenya, matikan LCD PROYEKTOR. Jangan copot kabel LCD PROYEKTOR yang terhubung dengan listrik PLN terlebih dahulu sebelum lampu LCD menyala hijau.
h.      Bila sudah terpasang dan sudah terupdate, silahkan tutup dengan chasing LCD PROYEKTOR








ª      TES
1.      Sebelum ditutup dengan chasing, coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada bagian yang tidak terpasang/kabel-kabel yang tertinggal/tersangkut.
2.      Bila semua sudah berjalan dengan lancar, tutup dengan chasing, dan tes tombol-tombol yang ada.
3.      QC dilakukan dengan cara mengencangkan semua baut yang ada, baut yang terpasang jangan terlalu lemah, tapi juga jangan terlalu kuat.

ª      TROUBELSHOOTING
1.      Lampu tidak menyala
Dapat disebabkan karena motherboard/balas tidak bekerja dengan baik. Yang dapat dilakukan adalah;
ü  Coba memperhatikan apakah ada kabel yang tersangkut pada kipas atau tidak.
ü  Bila tidak ada kabel yang menyangkut, coba ganti motherboard lain.
ü  Bila tetap tidak dapat berjalan, coba tukar balas/ganti balas.
2.      LCD Projector tidak mau menyala, bahkan tidak ada suara putaran kipas
Hal ini disebabkan karena power suplly tidak bekerja dengan sewajarnya. Yang dapat dilakukan adalah
ü  Ganti dengan power suplly yang lain/yang baru
3.      LCD sempat berjalan tapi setelah itu mati kembali
Pada kasus seperti ini yang perlu diperhatikan adalah kabel-kabelnya, mungkin ada yang tersangkut.
ü  Ceklah kabel-kabelnya dengan teliti, lepaskan/perbaiki kabel-kabel yang tersangkut/kurang kencang tersebut.
ü  Bila perbaikan diatas tidak mendukung, coba ganti motherboard.

0 komentar:

Posting Komentar